Jurnal Pemikiran Sosial Ekonomi

Prisma Perkenalan

No. 1, Volume 1, Tahun 1971

Sedjak tahun 1966, bahkan djuga tahun2 sebelum itu, kita selalu dihadapkan pada problema2 pelik jang memerlukan aksi dan pemetjahan seketika, pemikiran2 djangka pendek. Kita senantiasa tenggelam dalam manuver2 politik praktis dan masalah2 rutin, hingga tak pernah sempat memikirkan rentjana masa depan Indonesia dari pandangan jang mendalam. Oleh karena itulah dizarnan modern dimana tantangan2 pembangunan republik ini lebih menuntut digunakannja fikiran2 jang matang, makin terasa bahwa kita sekarang perlu kontemplasi, sambil madju terus mengedjar keterbelakangan. Apalagi bila kita tidak mau menemui bentjana2 dalam menjongsong Repelita Ke-II.

Tapi djustru disinilah keterbatasan kita, jaitu tidak tjukup mempunjai media jang merangsang dan menjalurkan hasrat2 kontemplatif tersebut, serta tjermin pantjarannja diantara masjarakat. Kalaupun ada. djumlah dan sifatnja masih terbatas, dan media penerbitan2 serupa itu umumnja kurang tinju, kalau tidak pandjang umurnja.

Dalam kerangka itulah, kami memberanikan diri menerbitkan madjalah PRISMA ini, jang mudah2an akan teratur mengundjungi pembatja dan bisa dimanfaatkan untuk forum diskusi setjara bebas dan kreatif. Seperti ditundjukkan oleh namanja, PRISMA bermaksud menangkap dan men-seleksi fikiran2 konstruktif ataupun kontroversial dalam masjarakat serta membiaskannja kembali sebagai pantjaran pandangan2 jang perlu ditimbang dalam derap pembangunan ekonomi, perkembangan sosial dan perubahan2 kulturil jang dialami Indonesia dewasa ini. Sudah tentu, ini hanja suatu upaja. Adakah kami berhasil, dan apakah upaja ini ada manfaatnja bagi masjarakat kita kelak, tentu tergantung dari sambutan2 masjaratakat dimasa mendatang.

Artikel Prisma